Jumat, 06 Mei 2011

KARAKTERISTIK ILMU EKONOMI



A . Ilmu Ekonomi :
_ whar ( barang apa )?
_ how ( bagaimana )
_ for whom ( untuk siapa )?
B. Ilmu Ekonomi :
_ analisa
_ kecenderungan
_ harga
_ hasil produksi
_ pengangguran
_ perdagangan
C. Ilmu Ekonomi :
_ uang
_ perbankan
_ modal ( capital )
_ kekayaan ( asset ).

SUMBER DAYA EKONOMI :
_ sumber daya alam
_ sumber daya manusia
_ sumber daya modal
_ sumber daya manajemen
_ sumber daya lingkungan.


PROSES EKONOMI :
_ produksi
_ Keuangan
_pemasaran
_personalia
_ riset dan teknologi

KONSEP DASAR EKONOMI :
_ bagaimana dengan ilmu ekonomi
_ bagaimana dengan sumber daya yang ada
_ bagaimana dengan pembangunan Nasional

KONSEP INVESTASI SDM :
1. pendidikan
2. produktifitas
3. pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI PENDIDIKAN adalah suatu studi tentang bagaimana manusia baik secara perorangan maupun secara kelompok masyarakat membuat keputusan dalam rangka mendayagunakan sumber daya yang terbatas agar dapat menghasilkan berbagai bentuk pendidikan.
ASPEK POTENSI EKONOMI :
a. meningkatkan ekoonomi rumah tangga :
1. perubahan pola nafkah
2. tersedianya kebutuhan barang dan jasa
3. meningkatkan pendapatan
4. terbukanya lapangan kerja
5. tersedianya sarana dan prasarana.
b. menggali, mengatur, dan menggunakan SDA:
1. pemilikan dan penguasaan SDA yang teratur
2. penggunaan yang efisien dan efektif
c. meningkatkan perekonomian pemerintah baik local maupun regional :
1. menambah peluang dan kesempatan kerja
2. menambah jumlah dan aktifitas ekonnomi
3. pemerataan pendistribusian pendapatan
4. menimbulkan efek ganda ekonomi
5. peningkatan produk domestic
6. peningkatan pendapatan asli daerah ( PAD ).
d. pengembangan wilayah :
1. meningkatkan pemerataan pembangunan
2. meningkatkan persatuan dan kesatuan
3. terbukanya lingkungan pergaulan
4. membuka isolasi wilayah.

ASPEK SOSIAL :…..WHILL….KESEJAHTERAAN
a. perubahan demografi :
1. perubahan struktur penduduk
2. perubahan tingkat kepadatan penduduk
3. pertumbuhan penduduk
4. perubahan komposisi tenaga kerja.
b. perubahan budaya :
1. adat istiadat, nolai dan norma budaya
2. terjadinya proses sosial
3. perubahan pelapisan sosial
4. pendidikan, pekerjaan, kekuasaan
5. perubahan sikap dan persepsi
c. perubahan kesehatan masyarakat :
1. perubahan parameter lingkungan
2. perubahan pencemaan lingkungan
3. timbulnya penyakit
4. perubahan status gisi masyarakat.

METODE PENILAIAN POTENSI EKONOMI :
1. metode penilaian hasil value
2. metode perbandingan biaya
3. metode analisis ekonomi

PEMILIHAN TEKNOLOGI :
1. ketetapan teknologi
2. keberhasilan teknologi di tempat lain
3. pertimbangan teknologi lanjutan
4. besarnya biaya investasi
5. kemampuan tenaga kerja.

INVESTASI adalah merupakan pengorbanan sejumlah nilai tertentu saat ini untuk memperoleh nilai ( pengembalian ) dengan harapan lebih besar dari nilai saat ini.
MANFAAT INVESTASI :
1. pembentukan keterampilan
2. kebutuhan ekonomi tenaga kerja
3. memperoleh nilai pengembalian.
DUA HAL PERTIMBANGAN DALAM INVESTASI DUNIA PENDIDIKAN :
1. investasi hendaknya menghasilkan keterampilan yang memiliki nilai ekonomi.
2. nilai guna suatu keterampilan merespon kebutuhan ekonomi tenaga kerja menurut jenis pendidikan .

ANALISIS TINGKAT BALIK ( rate of return ) yaitu membandingkan produktifitas dari tenaga kerja terdidik dengan tenaga kerja yang tidak terdidik.

SUMBER BIAYA PENDIDIKAN :
1. individu ( perorangan )
2. masyarakat
3.pemerintah

ASPEK KEUANGAN INVESTASI, SUMBER DANA :
1. perbankan
2. lembaga keuangan lain
3. modal sendiri.

KOMPONEN BIAYA INVESTASI :
a. biaya pra investasi:
1. biaya pembuatan studi…; harus mempertimbangkan aspek – aspek sosial terutama dalam aspek perubahan budaya.
2. biaya pengurusan izin – izin
b. biaya pembelian aktiva tetap :
1. tanah
2. mesin
3. bangunan
4. peralatan
5. inventaris kantor.
c. biaya operasional :
1. upah gaji
2. biaya listrik
3. biaya telepon
4. biaya pemeliharaan
5. pajak
6 premi asuransi, dan lain – lain.

KOMPENSASI :
a. uang……; gaji
b. material misalnya :
_ upah memetik pohon kelapa
_ menggarap sepetak sawah
c. fasilitas :
_ fasilitas balas jasa
_ fasilitas kesehatan
_ fasilitas antar jemput
_ fasilitas makan siang, dan – lain

SASARAN PEMBERIAN KOMPENSASI :
a. sumber nafkah
b. meningkatkan prestasi kerja
c. meningkatkan harga diri
d. mempererat hubungan kerja
e. meningkatkan disiplin kerja
f. mempermudah mencapai tujuan.

FAKTOR YANG DAPAT DIJADIKAN ACUAN PEMBERIAN KOMPENSASI :
1. pendidikan dan pengalaman
2. jumlah tanggungan
3. beban tugas
4. tingkat dan biaya hidup
5. tingkat kompensasi yang berlaku.

DASAR PEMBERIAN KOMPENSASI :
1. berdasarkan kesatuan volume
2. satuan waktu pekerjaan
3. berdasarkan penilaian kerja.

SISTEM PEMBAYARAN UPAH :
1. system upah menurut waktu :
a. keuntungan :
_ tenaga kerja tidak terburu – buru
_ tenaga kerja yang kurang terampil dapat memberi ketenangan dan kemampuan ddalam bekerja.
b. kekurangan :
_ tenaga kerja yang lebih terampil akan mengalami kekecewaan.
_ adanya kecenderunganpara tenaga kerja untuk bekerja lamban.
2. system upah menurut unit hasil :
a. keuntungan :
_ tenaga kerja yang terampil akan mempunyai semangat kerja yang tinggi.
_ kecendeerungan para tenaga kerja berlomba bekerja dengan penuh semangat
b. kekurangan :
_ tenaga kerja bekerja terburu – buru
_ Tenaga kerja yang bekerja terampil akan mengalami kekecewaan
3. system upah dengan intensif.
Waktu lamanya mereka bekerja dan unit hasil ( output ) mereka selesaikan ditambah dengan intensif ( tambahan upah ) :
a. upah bertingkat menurut waktu :
_ upah Rp. 3500 / jam dalam 1 jam menghasilkan 100 menit.
_ upah Rp. 4000 / jam dalam 1 jam menghasilkan 101 sampai 150 menit
_ upah Rp. 4500 / jam dalam 1 jam menghasilkan lebih 150 menit.
b. upah bertingkat menurut unit hasil :
_ upah Rp. 7500 / unit dalam 1 jam mampu menghasilkan 100 unit.
_ upah Rp. 8500 / unit dalam 1 jam mampu menghasilkan 101 sampai 150 unit.
_ upah Rp. 9500 / unit dalam 1 jam mampu menghasilkan lebih 150 unit.

EFISIENSI KOMPENSASI PENDIDIKAN adalah pendayagunaan sumber – sumber pendidikan yang ada.

JENIS KEBIJAKAN EFEISIENSI.
1. menurunkan biaya operasional
2. Memberikan biaya prioritas
3. meningkatkan kapasitas pemakaian
4. Meningkatkan motivasi kerja
5. memperbaiki rasio


ANGGARAN PENDIDIKAN adalah rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan yang dinyatakan dalam unti moneter dan berlaku untuk jangka waktu periode tertentu yang akan dating.

UNSURE BUDGET ( anggaran ):
1. rencana
2. kegiatan
3. unit moneter
4. waktu

BUDGETTING ( penganggaran ) adalah proses kegiatan yagn menghasilkan budget tersebut sebagai hasil kerja output.

FACTOR – FACTOR YANG MEMPENGARUHI ANGGARAN
1. luas wilayah/pasar penjualannya
2. posisi organisasi/perusahaan
3. jenis produk yang dihasilkan
4. tersedianya data dan informasi
5. keadaan perekonomian

KEGUNAAN ANGGARAN
1. sebagai pedoman kerja
2. sebagai alat pengkoordinasian kerja
3. sebagai alat pengawasan kerja



FACTOR YANG MEMPENGARUHI PENYUSUNAN ANGGARAN
a. factor intern:
1. pendapatan tahun – tahun yang lalu
2. kebijaksanaan organisasi
3. kapasitas produksi
4. modal kerja yang dimiliki
5. fasilitas lain yang dimiliki
b. factor ekstern
1. keadaan persaingan
2. Tingkat pertumbuhan penduduk
3. tingkat penghasilan masyarakat
4. tingkat pendidikan masyarakat
5. tingkat penyebaran penduduk
6. agama, adat – istiadat
7. kebijaksanaan pemerintah
8. keadaan perekonomian

TAHAPAN PENYUSUNAN ANGGARAN
1. mengidentifikasi kegiatan
2. mengidentifikasi sumber
3. semua sumber dinyatakan dalam bentuk uang
4. memformulasikan
5. menyususn usulan anggaran
6. melaksanakan revisi
7. persetujuan revisi.
8. pengesahan anggaran
RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA SEKOLAH ( RAPBS )
komponen kebutuhan :
1. penignkatan kegiatan PBM 15%
2. belanja alat teknis ATK 10%
3. pemeliharaan dan penggantian sarana pendidikan 10%
4. peningkatan pembinaan kegiatan siswa 15%
5. Kesejahtraan 25%
6. rumah tangga sekolah 10%
7. biaya pembinaan 20%

PEDOMAN PENYUSUNAN ANGGARAN
1. mempertimbangkan ( melihat tujuan organisasi )
2. melihat besarnya kebutuhan.

Pengawasan manajemen pada aspek ekonomi pendidikan
Pengengendalian :
1. pusat pendapatan
2. pusat biaya
3. pusat investasi
Pusat pengawasan .kuantitatif -keuntungan
-pendapatan
-biaya
-investasi

Pengukuran kualitatif : bentuknya berupa persepsi/analisa yang berkaitan dengan kuantitatif

SISTIM PENGAWASAN
Standar sistim pengawasan keuangan
Status sistim wewenang
Penilaian sistim pengawasan jasa
Perbaikan sistim pengawasan kualitaas
Sistim pengawasan persediaan

SKEMA KEGIATAN
Input proses output


UNSUR PROSES PENGAWASAN
1. unsure proses
2. unsure adanya objek pengawasan
3. ukuran atau standarisasi
4. teknik pengawasan

LANGKAH ATAU TAHAPAN
1. penetapan standar atau patokan
2. mengukur dan membandingkan
3. mengidentifikasi penyimpangan ( defiasi )
4. menentukan tindakan perbaikan atau koreksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

it`s me

it`s me

Laman